Seputar Dunia Teknik Sipil

Obrolan ringan seputar dunia struktur sipil

38
03-Aug-2009

Juragan

Biasa dipanggil Iwal, pria bernama lengkap \text{Iwal Islamuddin} &s=-2&fg=000000 ini berkenalan dengan dunia maya sejak tahun 1999, itupun karena “dipaksa” oleh rekannya untuk membuat alamat email, padahal waktu itu email adalah termasuk “barang” yang masih langka.

Sejak saat itu, demam dunia maya mulai menggerogoti kesehariannya. Walaupun mengenyam kuliah di jurusan Teknik Sipil di salah satu institusi di kota kembang, juragan website ini tidak surut ketertarikannya dengan barang yang baru dikenalnya yang bernama internet (dan komputer tentu saja). Maklum, sebelum itu memang dia tumbuh dan besar di salah satu wilayah di Indonesia Timur (yang kadang masih dipandang sebelah mata) yang waktu itu yang namanya komputer juga masih langka.

Kombinasi antara ilmu Teknik Sipil dan hobi dengan dunia coding, internet, dan sejenisnya, membuatnya semakin asyik membuat karya-karya penunjang bidang keilmuan Teknik Sipil tersebut. Sempat pula terbesit keinginan untuk mendalami dunia CAD dan modelling tapi tidak kesampaian.

Momentum revolusi terjadi ketika membaca buku “Matrix Analysis of Framed Structure” tulisan James M. Gere dan William Weaver, yang berisi “rahasia” kode (flowchart) dari analisis struktur secara lengkap. Dari situ pula muncul inspirasi untuk membuat Tugas Akhir (skripsi) yang mengambil tema tidak jauh dari kombinasi dua bidang ilmu tersebut di atas.

Mencari nafkah di sebuah perusahaan konsultan struktur yang berasal dari salah satu negara tetangga dimulai sejak tahun 2004 sampai sekarang. Selama itu pula proses belajar dan memperdalam wawasan dan pengalaman terus digeluti. Tentu saja, hobi yang sudah mengakar tidak dibiarkan menguap begitu saja.Hobi menulis sendiri baru muncul belakangan ini, gara-gara terlalu sering menulis “curhat” di sebuah situs pertemanan. Tulisan itu memang sempat memberikan nilai tambah buat orang lain, at least bisa menghibur pembaca, akan tetapi juragan berpikir bahwa masih ada tenaga untuk membuat tulisan yang jauh lebih bermanfaat daripada sekedar “pepesan kosong” bernuansa lelucon. :)

Duniatekniksipil ini pun lahir dari sebuah blog sederhana. Seorang rekan berkata, “wuih… pake domain web.id… bayar dong?”. Hmm.. asal tahu saja, domain web.id adalah domain yang termurah. Masalah bayar, karena ini inisiatif sendiri yaa otomatis harus menyisihkan sebagian uang saku. Nggak ada ruginya pokoknya.

Mohon doa dan dukungannya untuk terus bisa berkomitmen di website ini. Terima kasih.

Kepada rekan-rekan yang ingin menuliskan artikel di website ini, silahkan mengirimkan ke juragan@duniatekniksipil.web.id. Identitas optional.

Wassalam,

Iwal Islamuddin


38 to “Juragan”

  1. budi gunawan says...

    membutuhkan peralatan uji laboratorium teknik sipil ?

    htttp://www.peralatansipil.com

    terima kasih.

  2. dimaz lutfi says...

    Pagi mas.,mau tnya dikit nih.
    Kmarin sya bli sbuah alat ukur laser hilti pd 40 ,
    Tp sya ndak tau cara ganti baterai nya..
    Udah di utak-atik ttp aj ng bsa.

    Mnta pncerahan nya ya mas….

  3. hamza says...

    mas ,.,maw tanya,.,.untuk CRACK sofware etabs dan saap ada ga,.,
    ,.,
    tks

Leave a comment