Skip to content

Category: Artikel

Perancah Bekisting Yang Dipasang Miring

3 months ago

915 words

Semuanya berawal dari foto ini, yang diunggah di sebuah facebook page, tentang keresahan seseorang melihat perancah-perancah bekisting yang disusun seperti gambar di atas. Dari foto itu terlihat di beberap titik tertentu, ujung-ujung bawah perancah diposisikan di satu titik. Pertanyaannya adalah, kenapa dibuat seperti itu? Ada yang pro, ada yang kontra. Menurut DTS gimana? Kita simak…

Belajar Ilmu Teknik Sipil, Harus Siapin Apa Aja?

4 months ago

1710 words

Ini pertanyaan yang paling sering kami terima di halaman fanpage fb . Ada 3 tipikal pertanyaan yang paling sering ditanyakan: (1) Peralatan yang disiapkan selama kuliah di teknik sipil (2) Spesifikasi laptop/komputer, (3) Harus menguasai pelajaran apa Mari kita gerayangi satu-per-satu!

Apa Sih EPC Itu?

4 months ago

1292 words

Kita awali dulu dengan kepanjangannya, EPC adalah singkatan dari istilah Engineering-Procurement-Construction. Kalo dilihat dari istilah, EPC itu tidak lain adalah tahapan dalam suatu proyek konstruksi. Engineering adalah tahap desain perencanaan, Procurement adalah tahap pengadaan barang dan jasa, dan Construction adalah tahap pelaksanaan konstruksi. Ada yang menarik di sini, yaitu tahap Procurement jarang ditemukan di dalam…

Senjata Rahasia Perencana Struktur

5 months ago

905 words

Ketika ada satu pihak yang membutuhkan jasa perencana struktur, tipikal pertanyaan awal yang sering diajukan adalah, “Bisa kerjain ini nggak?”, “Bisa hitung struktur ini ngga?”, “Bisa desain bangunan ini nggak?” Trus, apa jawaban yang diberikan? Macam-macam. Ada yang tanpa basa-basi bilang, “Bisa… sini saya kerjakan”.

Investigasi Struktur Gedung

8 months ago

569 words

Kira-kira 8 atau 9 tahun lalu, Jakarta pernah diguncang gempa yang cukup signifikan. Pusatnya memang jauh, tapi getarannya cukup merisaukan beberapa gedung tinggi di sana. Banyak kerusakan-kerusakan minor yang terjadi. Waktu itu saya masih bekerja di sebuah konsultan struktur yang salah satu spesialisainya adalah perencanaan gedung tinggi. Kami pernah mendesain beberapa gedung tinggi (tower) di…

Tiap Bangunan Konstruksi Itu Berbeda

1 year ago

693 words

Kami pernah mendapat pertanyaan singkat, "Pak, kalo untuk balok bentangan 5 m, ukuran dan pembesiannya berapa ya?" Waduh..! Ada yang bisa jawab ngga? Bukannya nggak bisa… tapi kalau mau dituliskan, jawabannya bisa dijadikan satu buku tersendiri. Jadi, daripada saya buang energi menghabiskan tenaga, saya lebih baik bertanya balik kepada si penanya. Yang mau saya tanyain…

SAP2000: Membuat Grid Tidak Beraturan

2 years ago

436 words

SAP2000 dan ETABS mempunyai dua sistem grid standar: sistem koordinat kartesius (x, y, z), dan sistem koordinat radial (x, r, z) Untuk struktur yang bentuk gridnya masih beraturan, kita bisa pake salah satu sistem di atas. Tapi kalo udah acak adul ngga beraturan, dijamin otak kita juga jadi ngga beraturan membuat sistem gridnya 😀 Contohnya,…