Skip to content

Author: admin

Pakai Mutu Beton Berapa?

5 months ago

52 words

Hello world! price of viagra tablet discount viagra compare price viagra cialis buy viagra online cheap uk cialis generico opiniones que es sildenafil 100 mg masticable get rid viagra ads where to get over the counter viagra generic cialis made continue can you buy genuine viagra online how to buy viagra at boots

Belajar Ilmu Teknik Sipil, Harus Siapin Apa Aja?

5 months ago

1710 words

Ini pertanyaan yang paling sering kami terima di halaman fanpage fb . Ada 3 tipikal pertanyaan yang paling sering ditanyakan: (1) Peralatan yang disiapkan selama kuliah di teknik sipil (2) Spesifikasi laptop/komputer, (3) Harus menguasai pelajaran apa Mari kita gerayangi satu-per-satu!

Apa Sih EPC Itu?

5 months ago

1292 words

Kita awali dulu dengan kepanjangannya, EPC adalah singkatan dari istilah Engineering-Procurement-Construction. Kalo dilihat dari istilah, EPC itu tidak lain adalah tahapan dalam suatu proyek konstruksi. Engineering adalah tahap desain perencanaan, Procurement adalah tahap pengadaan barang dan jasa, dan Construction adalah tahap pelaksanaan konstruksi. Ada yang menarik di sini, yaitu tahap Procurement jarang ditemukan di dalam…

Menghitung Momen Inersia Penampang Bersusun

6 months ago

385 words

Ngga jarang kita temui penempang struktur baja yang terdiri dari lebih dari satu penampang tunggal, misalnya, double siku (2L), double channel (2U), bahkan ada yang sampai 4 siku. Penampang bersusun ini kadang dianalisis sebagai satu penampang utuh, bukan penampang yang berdiri sendiri. Sehingga, dalam analisis maupun desainnya, parameter penampangnya pun harus parameter gabungan. Misalnya, luas…

Apa Beda ASD dan LRFD?

6 months ago

922 words

Sering dengar pertanyaan ini? Sudah sering juga baca penjelasannya? Udah paham? Kalo sudah, alhamdulillah. Selesai. Ngga perlu kita lanjutkan lagi. … Tapi kalo rekan-rekan terusin baca ini, mungkin belum begitu paham ya? Atau… sekedar penasaran aja, apa yang bakal kami tulis di sini?   Baiklah. Uraian di sini didasarkan sebatas pengalaman dan pengetahuan kami saja.…

Senjata Rahasia Perencana Struktur

6 months ago

905 words

Ketika ada satu pihak yang membutuhkan jasa perencana struktur, tipikal pertanyaan awal yang sering diajukan adalah, “Bisa kerjain ini nggak?”, “Bisa hitung struktur ini ngga?”, “Bisa desain bangunan ini nggak?” Trus, apa jawaban yang diberikan? Macam-macam. Ada yang tanpa basa-basi bilang, “Bisa… sini saya kerjakan”.

Investigasi Struktur Gedung

10 months ago

569 words

Kira-kira 8 atau 9 tahun lalu, Jakarta pernah diguncang gempa yang cukup signifikan. Pusatnya memang jauh, tapi getarannya cukup merisaukan beberapa gedung tinggi di sana. Banyak kerusakan-kerusakan minor yang terjadi. Waktu itu saya masih bekerja di sebuah konsultan struktur yang salah satu spesialisainya adalah perencanaan gedung tinggi. Kami pernah mendesain beberapa gedung tinggi (tower) di…