PCACol – Cara Cepat Membaca Hasil Run

PCACol adalah software analisis dan desain kolom beton bertulang. Salah satu kelebihan dari software ini adalah fitur dan tampilan yang sederhana, tapi sangat kompak dan padat informasi. Tidak heran jika PCACol adalah salah satu software desain kolom beton yang sangat populer. Saat ini PCACol sudah berubah wujud menjadi Structure Point (tetap keluaran PCA juga), nama dan interfacenya aja yang diubah.

Ngomong-ngomong, seperti yang sudah kita tau, mendesain kolom beton itu relatif lebih susah daripada balok beton, soalnya kita harus membuat diagram interaksi P-M, yang bentuknya seperti ini…

diagram interaksi kolom

 

Trus, gaya-gaya dalam yang berbentu Pu (aksial) dan Mu (momen) di-plot di dalam diagram tersebut, kalo ternyata titik koordinat P-M itu berada di luar garis fMn, berarti kolom kita ngga kuat, entah itu tulangannya kurang atau memang dimensinya yang kekecilan.

Kalo sekedar satu titik sih ngga masalah ngeceknya. Biasanya titik gaya dalam yang dimasukkan itu banyak…. sesuai dengan kombinasi pembebanan… belum lagi kalo biaxial… diagram interaksinya jadi 3 dimensi.

PCACol memiliki keterbatasan di sini. Dia ngga bisa menampilkan diagram PM dalam wujud 3 Dimensi. Sebagai gantinya, kita dikasih pilihan untuk memilih bidang mana yang mau ditampilkan.

desain kolom beton

Dari masing-masing sudut (bidang) itu, baru kita lihat koordinat-koordinat gaya dalam Pu dan Mu yang sudah kita masukkan.

desain kolom beton bertulang

Misalnya, pada gambar di atas, Load no #4 masih berada di dalam diagram interaksi. Tapi begitu kita lihat pada sudut/bidang yang lain,

diagram interaksi

Load no#5 dan #6 ternyata berada di luar diagram, artinya kolom tidak kuat.

Nah… daripada repot-repot lihat diagram interaksi satu-satu… capek ngekliknya, apalagi kalo Load-nya banyak… mending pakai cara lain… lihat summary!  😀 😀

kolom beton bertulang

Tinggal klik menu View – Result, atau tekan F6. Dan…. langsung scroll ke bagian akhir

Summary output PCACol

Itu… udah ada summary dan kesimpulannya… kalo fMn/Mu kurang dari 1.0, itu artinya sama dengan fMn < Mu… berarti fail kan ya.

Update:
Kalo mau download, bisa searching di google.. 😀
Tapi kalo ga mau report, download dari sini aja. 🙂

[]semoga bermanfaat[]

3 thoughts on “PCACol – Cara Cepat Membaca Hasil Run

Boleh komentar di sini