Review: Aplikasi Autodesk Untuk Smartphone & Tablet

Ini bukan berita baru. Sejak kemunculan smartphone dengan berbagai ukuran dan sistem operasi, Autodesk nggak tinggal diam. Saya angkat topi untuk Autodesk, karena benar-benar bisa menjawab tantangan teknologi yang pertumbuhannya sangat pesat. Produk legendaris Autodesk, yaitu AutoCAD sepertinya belum ada tandingannya sejak awal kemunculannya. Walaupun sudah banyak software-software sejenis yang bermunculan, tapi masih belum bisa menggeser popularitas AutoCAD sebagai software yang paling banyak digunakan untuk pembuatan engineering drawing khususnya drawing 2D.

2012-11-24 17.26.15

Sebenarnya kemampuan AutoCAD tidak hanya sebatas menggambar 2 dimensi. Fitur 3D modeling dan render juga bisa dilakukan di AutoCAD, tapi memang dibatasi. Soalnya Autodesk juga punya andalan lain untuk menggambar obyek 3D dengan lebih bagus. Sudah sering dengar 3Ds MAX bukan? Itu salah satu produk Autodesk juga.

Nah, khusus buat penggunan smartphone dan tablet, Autodesk sudah meluncurkan beberapa aplikasi engineering yang membuat saya terpaksa berkata WOW. Salah satunya adalah AutoCAD WS.

2012-11-30 07.19.05

AutoCAD WS adalah applikasi untuk melihat dan mengedit file gambar yang umumnya dibuat di AutoCAD. Fitur editnya tentu tidak selengkap AutoCAD untuk PC. Untuk edit, AutoCAD punya fitur standar: membuat garis, kotak, lingkaran, teks, cloud (awan), garis bebas (freeline), mengukur jarak, luas, dll.

2012-11-30 07.20.24

2012-11-30 07.22.18

AutoCAD WS juga mengatur tampilan layer (On/Off saja), dan berpindah tampilan layout dan model.

2012-11-30 07.23.25

Jangan kaget kalo AutoCAD WS juga bisa melakukan plotting ke format PDF dan DWF. Kalo tablet atau smartphone anda mendukung printer tertentu, AutoCAD WS juga bisa melakukan plot ke aplikasi printer anda.

Fitur sharing, itu sudah wajib buat applikasi seperti ini. Jangan khawatir, semua fasilitas sharing yang ada di perangkat anda akan terintegrasikan ke AutoCAD WS, misalnya Google Drive, DropBox, Skydrive, GMail, YahooMail, Twitter, Facebook, dll.

+++

Aplikasi berikutnya tidak kalah menariknya. Sebagai structure engineer, aplikasi ini wajib ada di smartphone maupun tablet anda. Namanya Autodesk ForceEffect.

2012-11-30 07.26.42

Sekilas saya pikir ini adalah aplikasi untuk mekanikal. Ternyata WRONG! Untuk mekanikal juga sudah ada aplikasi sendiri, namanya Autodesk ForceEffect Motion.

Berikut review singkat saya mengenai ForceEffect ini:

  • Bisa memodelkan struktur 2D dengan cepat dan presisi. Pengaturan dimensi sangat mudah. Bisa menggunakan background picture sebagai alat bantu.
  • Jenis tumpuan: sendi, jepit, dan roll. Tipe sambungan: rigid (kaku), dan bebas (pinned).
  • Beban: beban merata, beban terpusat, dan momen terpusat.
  • Reaksi perletakan muncul secara real-time tanpa ada proses RUN.

2012-11-30 07.30.39

2012-11-30 07.31.13

Dan.. yang bikin kita jingkrak-jingkrak adalah… laporan perhitungannya begitu lengkap!

Contoh laporannya bisa dilihat di sini: Contoh Report Autodesk ForceEffect.

Ini screeshotnya:

image

image

+++

Terakhir… satu lagi berita baik buat anda para penggelut dunia engineering… Autodesk sudah punya Software gratis alias free software… versinya adalah versi Student!! Insya Allah saya akan review juga di sini. Kalo mau curi start, silahkan langsung ke TEKAPE, tinggal siapkan koneksi internet dan hardisk yang cukup… soalnya anda akan diminta untuk mendownload file installer yang besarnya rata-rata di atas 1 GB.

Sekarang ini saya masih menjajal instalasi Autodesk Revit Structure dan AutoCAD Structural Detailing. Mmm… nanti kita lihat, seperti apa sih Student Version-nya Autodesk. Apakah sama dengan Student Version-nya CSI-Berkeley.. (SAP2000 Student Version)

[]semoga.bermanfaat

9 thoughts on “Review: Aplikasi Autodesk Untuk Smartphone & Tablet

  1. Dadi Itu Aku

    Yang sering ane pake, engineering library, frame design, concrete design, column design, uujk

    Reply
  2. nora apriyani

    waw, mantab banget. ak br instal yg autocad ws. ntr mau nyoba yg autodesk forceeffect, td nya cuma tau app frame design, tp spt nya lbh mantab yg autodesk ini.

    thanks info nya 😉

    Reply

Boleh komentar di sini