Galian Tanah Terjal

Akhir pekan lalu saya berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan. Di salah satu “lapak” saya mengintip ke sebuah area di seberang jalan di bagian samping mall tersebut. Sepertinya sedang ada proyek gedung, dan sepertinya gedung itu mempunyai basement.

DSCF4036

Nah, anda bisa tebak apa yang akan kita singgung di sini? Pasti lah.. dari judulnya saja sudah ketahuan. Kita akan lihat galian tipe open cut yang dilakukan oleh si pelaksana. Reaksi saya sewaktu pertama kali melihat galian tersebut adalah… “Gila!!! Seram amat!!”

Apa yang membuat saya berkata demikian? Ada beberapa alasan:

  1. Kemiringan galian tersebut sangat terjal, dan bisa dibilang hampir tegak lurus (90 derajat)
  2. Persisi di sebelah galian tersebut, ada bangunan. Bukan bangunan biasa, soalnya di lantai atap bangunan tetangga itu ada lahan parkir! Jadi, bisa dibayangkan berapa besar beban yang dipikul oleh pondasi si bangunan tetangga. Ngga peduli mau pake tiang pancang atau pondasi dangkal, yang jelas adanya galian itu bisa  mempengaruhi pondasi bangunan di sebelahnya.
  3. Saya ngga tau jenis tanah di situ seperti apa, tapi yang jelas sudah beberapa hari di daerah itu hampir tiap hari diguyur hujan. Makanya jika kita perhatikan ada bagian-bagian galian yang agak “longsor”. Saya perkirakan itu dipicu oleh air hujan.

DSCF4037

Apapun kondisinya saya cuma bisa berharap tidak akan terjadi apa-apa dengan galian tersebut. Mudah-mudahan perencana dan pelaksananya sudah memperhitungkan semuanya sehingga mereka berani mengambil keputusan untuk membuat galian terjal tanpa “pengaman” sedikit pun.

Sebenarnya banyak informasi yang bisa kita selidiki di sini… misalnya lapisan-lapisan tanahnya. Saya bukan ahli geoteknik, jadi saya kurang ngerti mengenai lapisan-lapisan tanah. Saya juga ngga mau menduga-duga, lebih baik diam daripada sok tau.. 😀

Mungkin ada dari para pembaca di sini yang sudah banyak makan asam garam mengenai jenis-jenis tanah, hanya dengan melihat bisa menebak kira-kira jenis tanah apa yang ada di foto tersebut. 🙂 Monggo…

DSCF4038

Semoga bermanfaat[]

13 thoughts on “Galian Tanah Terjal

  1. Donny B Tampubolon

    Jenis tanah Kohesif.

    Jenis tanah seperti ini akan memberikan gaya tarik negatif yang arahnya menjauhi galian, oleh sebab itu walaupun merupalan galian tegak, tanah cenderung tidak runtuh.

    Namun secara teknis pelaksanaan, galian harus tetap diberikan proteksi dari pengaruh hujan/cuaca, sebaiknya tidak boleh terlalu lama dibiarkan terekspose/terbuka seperti itu.

    Regards,

    DBT

    Reply
  2. fatwa

    Bila dilihat dari bangunan sebelah insyaAllah tidak terjadi keruntuhan, karna lebar bangunan cukup lebar untuk menarik dan mengikat badan bangunan bagian galian. cuman perlu mempercepat pekerjaan tanah untuk membuat pondasi dan dinding agar tanah tidak semakin terkikis akibat air hujan.dan daya dukung tanah cukup bagus.

    kasat mata.

    Reply
  3. fatwa

    Bila dilihat dari bangunan sebelah, kemungkinan tidak terjadi keruntuhan karna lebar bangunan trsbt cukup lebar dan lebih dari 1 atau 2pintu ruko kekanan untuk mengikat/menarik bagian barisan tangga dengan sloof, ringbalk dan kolom yang seluruhnya senyawa. Kondisi tanahnya Bagus.
    cuman perlu mempercepat durasi pekerjaan tanah untuk membuat pondasi dan dinding agar tanah tidak semakin tirkikis akibat hujan. trimakasih!

    Reply

Boleh komentar di sini